Prosedur Pengajuan Bantuan Madrasah melalui Aplikasi SIM Sarpras
Sahabat , pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi informasi kepada anda semua mengenai Prosedur Pengajuan Bantuan Madrasah melalui Aplikasi SIM Sarpras.
Bagi anda yang belum tahu, Aplikasi SIM Sarpras adalah sebuah aplikasi yang diperuntukan bagi madrasah dan juga pondok pesantren untuk memudahkan dalam proses pengajuan bantuan.
Madrasah dan Ponpes yang hendak mengajukan bantuan hanya perlu memilih jenis bantuan yang ingin diajukan. Tak perlu lagi membuat proposal dalam bentuk cetak kertas.
Adapun syarat utama bagi Madrasah dan Ponpes yang dapat mengajukan bantuan ialah telah terdaftar di dalam EMIS SDM, dan telahah melakukan entri data. Sebab data tersebut akan dipakai sebagai dasar penilaian bantuan sarpras yang diberikan.
Adapun alur prosesnya pengajuan bantuan dapat anda lihat pada gambar nomor 2 di atas.
Adapun Pengajuan Proses pengajuan bantuan :
Cara Monitoring tersebut ialah sebagai berikut:
A. Kelompok Bantuan adalah modul maste rdata Kelompok Bantuan yang akan membedakan antara Lembaga Madrasah dan Pondok Pesantren yang nantinya akan tampil pada pilihan saat Register Bantuan. Caranya:
B. Jenis Dokumen Modul ini dipakai untuk menambahkan jenis Dokumen yang diwajibkan dalam proses pengajuan bantuan. Dalam modul ini juga bisa menambahkan jenis bantuan yang harus dilengkapi oleh pemohon saat melakukan pengajuan bantuan. Caranya:
C. Pengaturan Umum Dalam modul ini untuk pengaturan aplikasi
D. Pengumuman Modul ini digunakan untuk membuat pengumuman atau pun berita yang tentunya akan muncul disemua halaman baik lembaga maupun admin level pada halaman dashboard.
Bagi anda yang belum tahu, Aplikasi SIM Sarpras adalah sebuah aplikasi yang diperuntukan bagi madrasah dan juga pondok pesantren untuk memudahkan dalam proses pengajuan bantuan.
Madrasah dan Ponpes yang hendak mengajukan bantuan hanya perlu memilih jenis bantuan yang ingin diajukan. Tak perlu lagi membuat proposal dalam bentuk cetak kertas.
Adapun syarat utama bagi Madrasah dan Ponpes yang dapat mengajukan bantuan ialah telah terdaftar di dalam EMIS SDM, dan telahah melakukan entri data. Sebab data tersebut akan dipakai sebagai dasar penilaian bantuan sarpras yang diberikan.
Artikel Terkait: Prosedur Pengajuan Usulan Penegerian Madrasah
Adapun alur prosesnya pengajuan bantuan dapat anda lihat pada gambar nomor 2 di atas.
Modul Lembaga
Modul lembaga ditujukan bagi madrasah dan Ponpes dalam mengajukan proses bantuan. Ada beberapa sub-modul yang bisa dilakukan oleh lembaga, yaitu :- Update profil data sarana prasarana
- Mengajukan bantuan
- Monitoring proses pengajuan bantuan
Pengajuan Bantuan
Guna proses pengajuan bantuan lembaga Madrasah/Ponpes terdapat 2 syarat wajib yang harus dipenuhi yaitu:- Mempunyai akun EMIS SDM yang telah diaktifasi
- Telah melakukan upload data pada EMIS SDM.
Cara Mendaftar Akun EMIS SDM
Adapun Cara Mendaftar Akun EMIS SDM adalah sebagai berikut:- Buka website pendaftaran EMIS SDM dengan beralamat berikut ini: http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/daftar.php
- Isi semua data yang ada
Masuk ke Aplikasi SIM SARPRAS
Apabila proses registrasi telah berhasil dan telah melakukan update data di dalam Aplikasi EMIS maka lanjutkan proses pengajuan bantuan. Caranya:- Silahkan buka alamat berikut ini: http://pendis.kemenag.go.id/sarprasapp/
- Masukan username dan juga password yang telah diregistrasi di dalam akun EMIS SDM
Update Profil Sarana Prasarana
Sesudah anda berhasil melakukan login ke aplikasi SIM Sarpras, hal pertama yang harus dilakukan ialah melakukan Update Profil Sarpras. Caranya:- Klik pada Menu Profil Lembaga
- Klik pada Tombol Update Profil
- Apabila proses update berhasil maka : Data Umum, Sarana dan Prasarana, PTK dan peserta didik akan terisi, sesuai dengan data terakhir yang telah di Upload di dalam Emis.
Proses Pengajuan Bantuan
Proses pengajuan bantuan Sarpras hanya perlu dengan memilih jenis bantuan. Adapun ketentuannya adalah hanya dapat melakukan permohonan sekali dalam satu jenis bantuan. Apabila pada tahun sebelumnya telah memperoleh bantuan maka pada tahun selanjutnya tidak bisa mengajukan bantuan yang sama selama dalam jangka waktu minimal 5 tahun ke depan.Adapun Pengajuan Proses pengajuan bantuan :
- Klik pada Menu Bantuan
- Klik pada Daftar Bantuan
- Pilih pada Daftar Bantuan yang akan diajukan dengan klik pada tombol Daftar
- Klik pada Daftar Pengajuan Bantuan
- Lakukanlah Upload Dokumen yang dibutuhkan dan juga Upload Foto Kondisi
- Klik pada Daftar Pengajuan Bantuan
- Cetak Surat Pernyataan
Monitoring Proses Pengajuan Bantuan
Sesudah proses pengajuan bantuan terlaksana maka, proses berikutnya ialah melakukan monitoring terhadap proses bantuan yang berjalan. Melalui Aplikasi SIM Sarpras ini, kita dapat melihat progres bantuan. Apakah telah dilakukan verifikasi dokumen, kapan dilakukan penetapannya, dan bagaimana status pengajuan yang sudah anda lakukan.Cara Monitoring tersebut ialah sebagai berikut:
- Klik pada menu Bantuan
- Klik pada menu Bantuanku, disini terlihat status prosesnya dan status approval nya
Modul Admin User
Modul Admin User diperuntukan bagi para Admin tingkat Kabupaten/Kota, Admin Level Kanwil dan juga Admin Level Pusat. Dalam modul Admin User, Admin dapat menambahkan jenis bantuan serta bisa melakukan penilaian terhadap pemohon bantuan yang diajukan.Register Jenis Bantuan
- Klik pada Menu Bantuan
- Klik pada Menu Buat Bantuan
- Isi data Jenis Bantuan
- Klik Tombol Simpan
Proses Penilaian Pemohon
Proses berikutnya yang wajib dilakukan Admin User ialah memberikan penilaian terhadap data-data yang diajukan oleh pemohon. Caranya:- Klik pada menu Verifikasi Data
- Klik pada proses yang akan dilakukan, klik pada angka yang tampil
- Maka akan tampil daftar pemohon yang sudah melakukan permohonan bantuan
- Klik pada tombol Review guna memberikan penilaian terhadap pemohon
- Tentukanlah hasil Check Dokumen, dan masukan catatan yang diperlukan
- Klik Tombol Simpan.
Pengaturan Aplikasi SIM Sarpras
Modul ini dikhususkan bagi Admin Level Pusat, dimana mereka diperbolehkan untuk melakukan Customize terhadap aplikasi SIM Sarpras, diantararanya ialah:A. Kelompok Bantuan adalah modul maste rdata Kelompok Bantuan yang akan membedakan antara Lembaga Madrasah dan Pondok Pesantren yang nantinya akan tampil pada pilihan saat Register Bantuan. Caranya:
- Klik pada Master Data
- Klik pada Kelompok Bantuan
B. Jenis Dokumen Modul ini dipakai untuk menambahkan jenis Dokumen yang diwajibkan dalam proses pengajuan bantuan. Dalam modul ini juga bisa menambahkan jenis bantuan yang harus dilengkapi oleh pemohon saat melakukan pengajuan bantuan. Caranya:
- Klik pada Master Data
- Klik pada Jenis Dokumen
C. Pengaturan Umum Dalam modul ini untuk pengaturan aplikasi
- Apakah aplikasi membatasi pemohonan jenis bantuan yang sama, jika diilih Ya, maka Sistem akan melakukan filter terhadap pemohon, apakah sudah pernah menerima bantuan sejenis pada tahun-tahun sebelumnya
- Berapa lama batas penerimaan jenis bantuan yang sama, jika pada tahap pertama dipilih Ya maka, pada point kedua ini akan menentukan berapa lama pemohon bisa mengajukan permohonan jenis bantuan serupa
- Tahun Anggaran yang diaktifkan dalam proses tarik data
- Semester yang diaktifkan dalam proses tarik data
D. Pengumuman Modul ini digunakan untuk membuat pengumuman atau pun berita yang tentunya akan muncul disemua halaman baik lembaga maupun admin level pada halaman dashboard.
- Klik pada Master Data
- Klik pada Pengumuman
0 Response to "Prosedur Pengajuan Bantuan Madrasah melalui Aplikasi SIM Sarpras"
Post a Comment